Cara Cerdas Memilih Karpet Masjid Yang Berkualitas

10/01/2018


Sebelum memilih karpet untuk bangunan yang Anda miliki, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dulu beberapa pertimbangan yang bisa membantu Anda memilih karpet terbaik. Salah satu tipsnya adalah memilih tempat jual karpet masjid di depok yang terpercaya. Selain itu, masih banyak faktor yang bisa Anda pertimbangkan. Mari simak di bawah ini.

Tips Memilih Karpet

  • Warna

Ada beberapa pertimbangan yang bisa anda jadikan pertimbangan sebelum membeli karpet. Salah satunya adalah warna.

Dalam ruangan yang banyak digunakan, Anda sebaiknya tidak memilih karpet dengan warna yang terang atau cerah seperti putih dan krem. Sebaiknya Anda memilih karpet dengan warna agak gelap sehingga debu dan kotoran tidak terlalu terlihat walaupun sedikit menumpuk.

Namun jika tujuan Anda adalah menghias atau dekorasi ruangan, Anda bisa saja memilih warna yang lebih cerah dan berani. Jika ruangan Anda kecil, pilihlah karpet berwarna terang sehingga ruangan terasa lebih luas. Namun jika ruangan anda sangat luas, gunakan karpet berwarna lebih gelap agar terasa nyaman.

  • Penerangan

Pastikan bahwa warna karpet yang Anda pilih sesuai dengan penerangan di ruangan Anda. Jika pencahayaan ruangan Anda cenderung terang, warna asli dari karpet akan semakin terlihat. Sebaliknya, ruangan yang minim pencahayaan akan membuat warna karpet semakin gelap.

  • Tema

Dalam setiap ruangan yang Anda masuki pasti ada tema. Pemilihan tema yang tepat akan memberikan kesan yang menyatu dan sedap dipandang. Maka dari itu, usahakan saat memilih karpet di tempat jual karpet masjid Jakarta, pilihlah yang bisa menonjol namun tidak terkesan norak.

  • Bahan

Pada umumnya, karpet terbuat dari bahan-bahan seperti wol, nilon, dan polyester. Masing-masing memiliki keunikan dan keunggulan tersendiri.

Pertama, mari lihat karakteristik bahan wol. Wol adalah serat alami yang berasal dari bulu domba atau hewan lain, sehingga harganya lumayan mahal. Namun jika ruangan akan banyak digunakan oleh anak-anak untuk bermain, pilihan bahan wolsangat tepat karena tidak menimbulkan alergi serta teksturnya halus.

Selanjutnya, bahan nilon. Nilon mungkin merupakan bahan yang paling sering kita jumpai di pasaran. Tak heran, karena bahan ini memiliki banyak keunggulan di antaranya harga terjangkau dan tidak mudah kotor. Selain itu, permukaan nilon juga bisa rapi kembali setelah digunakan sehingga ruangan akan selalu tampak rapi.

Untuk alternatif lain, Anda juga bisa memilih karpet poliester. Sulit membedakan antara karpet nilon dan polyester karena kelihatannya mirip. Namun disarankan menjadikan polyester sebagai pilihan terakhir karena bahannya tidak se-fleksibel nilon, walaupun harganya lebih murah.

  • Ukuran

Untuk membuat ruangan terlihat serasi dengan karpet, perhatikan beberapa tips memilih ukuran karpet berikut ini.

Jika Anda ingin karpet menutupi seluruh bagian ruangan, pastikan semua perabot yang ada di ruangan itu bisa masuk dalam karpet agar tidak terkesan "memaksa". Namun jika tidak menutupi seluruh permukaan lantai dengan karpet, cukup masukkan 2 kaki depan perabot ke area karpet.