Berkunjung ke Kabupaten Empat Lawang

06/21/2019

Kopi menjadi komoditi andalan masyarakat kota Empat Lawang. Sentra kopi membuat kabupaten ini begitu melekat. Setiap sudut desa hingga kota, kopi menjadi bahasa gaul masyarakatnya. Kopi dan dikenal dengan kawo begitu lekat. Tidak heran, kalau biji kopi menjadi lambang kabupaten yang baru berusia 5 tahun.

Pemerintah daerah cukup getol mendorong dalam mengembangkan industri kopi. Lebih jauh, pemda setempat membuat motif batik berlatar kopi menjadi keunikan tersendiri. Kawo Emass (Ekonomi Maju, Aman, Sehat dan Sejahtera) menjadi tagline kota. Asyiknya lagi, sepanjang perjalanan di Empat Lawang tidak sepi de ngan alunan musik. Apalagi kendali instrumen audio bisa dioperasikan via lingkar kemudi oleh driver (Audio steering Switch). Kopi Empat Lawang begitu istimewa. Kopi disini merupakan persilangan kopi jenis Arabika dan Robusta. Aroma dan rasanya khas Empat Lawang, tukas Anang yang juga petani penggarap kopi. Sementara itu sentra perkebunan untuk kopi di Empat Lawang tersebar di berbagai lokasi yang tak jauh. Salah satunya terdapat di Desa Linggis Talang Kupang yang masih setia dengan kopi Empat Lawang. Dari generasi ke generasi, masyarakatnya berprofesi sebagai petani kopi.

Sejurus dengan itu, Empat Lawang memberikan lahan industri berkaitan kopi. Bahkan pemda setempat mendirikan gedung khusus untuk kopi dari berbagai wilayah di Empat Lawang. Tidak hanya itu, kreativitas masyarakat disokong seperti pengrajin kayu dari pohon kopi. Berbagai kerajinan pohon kopi dimaksimalkan menjadi jualan dari daerah ini. Hebatnya, bahan bakunya berasal dari pohon kopi yang tidak produktif. Bahkan bahan baku ini diklaim kuat dan bisa dibuat motif berbagai model.

Kami sering diajak dari pameran ke pameran memperkenalkan produk ini. Hanya saja untuk produk berdimensi agak besar, kami kesulitan dalam packing dan pengirimannya, papar Lukman Al Hakim, Perajin batang pohon kopi dari Empat Lawang. Inilah menjadi pekerjaan rumah sekaligus memajukan perekonomian secara umum masyarakat kota kopi asal Sumatera ini.

Menempuh Perjalanan Jauh

Jarak tempuh yang harus kami lewati menuju Kabupaten Empat Lawang cukup jauh. Kami harus melewati berbagai macam medan jalan karena belum semua jalan yan ada disini sudah berbentu aspal. Untungnya mobil yang kami gunakan adalah Terios dimana kendaraan ini memiliki desain yang nyaman untuk digunakan berbagai jenis medan jalan.

Kendaraan yang kami gunakan tentunya sudah mempunyai asuransi mobil terbaik 2019 sehingga bila terjadi insiden selama berkendara, kami dan tim tidak mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan mobil menyeluruh.